Bawah Mata Hitam Ketika Memulai Diet Keto? (Ini Penyebabnya)



Satu hal yang diperhatikan orang setelah beralih ke diet ketogenik adalah munculnya kantung atau lingkaran hitam di bawah mata mereka.

Berat badan Anda mungkin turun, tetapi pada saat yang sama, Anda mungkin memiliki komentar dari orang-orang bahwa Anda terlihat sedikit lebih lelah akhir-akhir ini.

Dengan asumsi Anda cukup tidur, apa lagi yang menyebabkan tampilan cekung ini?

Apa penyebab lingkaran hitam di bawah mata Anda pada keto? Lingkaran hitam di bawah mata Anda pada keto dapat dikaitkan dengan banyak faktor, di antaranya:

  • Dehidrasi
  • Ketidakseimbangan mineral
  • Alergi atau sensitivitas makanan
  • Penurunan berat badan (wajah kurus)
  • Kemacetan sinus
  • Genetika

Pada artikel ini, saya akan membahas berbagai alasan mengapa Anda mungkin memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda setelah memulai diet ketogenik dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkannya.


Lingkaran Hitam Dan Mata Cekung Di Diet Keto

Jadi Anda telah memulai diet ketogenik dan melihat lingkaran hitam di sekitar mata Anda. Untungnya, jika Anda seorang wanita, Anda setidaknya bisa menutupinya dengan riasan, saya rasa Anda bisa jika Anda seorang pria juga.

Anda mungkin berasumsi bahwa itu hanya produk sampingan dari bertambahnya usia, atau mungkin Anda kurang tidur, tetapi tidak selalu demikian.

Lingkaran hitam di bawah mata Anda, terutama jika terjadi hanya sekali memulai keto mungkin disebabkan oleh salah satu faktor berikut:

  • Dehidrasi
  • Ketidakseimbangan mineral
  • Alergi atau sensitivitas makanan
  • Penurunan berat badan (wajah kurus)
  • Kemacetan sinus
  • Genetik
  • Dehidrasi

Saat beralih ke diet rendah karbohidrat atau ketogenik, kemungkinan Anda mengalami dehidrasi meningkat secara eksponensial.

Tanpa kesadaran atau pendidikan yang tepat, banyak orang mengalami dehidrasi, meskipun mereka BERPIKIR bahwa mereka minum cukup air.

Setelah beralih ke diet rendah karbohidrat atau ketogenik, tubuh Anda membuang beberapa kilogram air yang pernah ditahan oleh glukosa (gula) yang tersimpan dan beredar di dalam tubuh.

Banyak orang juga akhirnya bertanya-tanya mengapa mereka berkeringat lebih banyak setelah memulai keto atau mengapa mereka perlu banyak buang air kecil karena keto selama beberapa minggu pertama.


Sekarang kamu tahu kenapa.

Solusi yang akan datang di bagian selanjutnya.




Ketidakseimbangan Mineral

Terkait dengan poin pertama di atas, Anda mungkin menderita ketidakseimbangan mineral, terutama elektrolit.

Karena meningkatnya kehilangan air, tubuh Anda juga mengeluarkan elektrolit penting (natrium, kalium, dan magnesium) yang sangat penting untuk memastikan keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh Anda.

Bahkan jika Anda merasa Anda minum cukup air atau meningkatkannya setelah memulai keto, jika Anda tidak menahannya, itu tidak masalah.

Banyak orang yang beralih ke diet ketogenik akhirnya menyingkirkan makanan yang mengandung natrium dan diperkaya dan beralih ke makanan utuh yang kaya nutrisi.

Meskipun ini bagus, Anda juga telah menghilangkan sumber natrium paling signifikan yang Anda miliki. Seiring dengan menghilangkan karbohidrat, kekurangan mineral bisa membuat Anda buruk.

Jika Anda pernah mendengar atau mengalami flu keto, ada kemungkinan Anda menderita dehidrasi dan kekurangan elektrolit.

Bersamaan dengan memastikan Anda meminum air dalam jumlah yang cukup, pastikan untuk memberi garam pada makanan Anda dengan banyak dan makan makanan kaya kalium yang ramah keto seperti alpukat dan sayuran berdaun hijau.

Ide lain yang mungkin ingin Anda coba adalah melengkapi dengan minuman elektrolit yang diformulasikan dengan mempertimbangkan diet ketogenik.

Suplemen elektrolit keto yang direkomendasikan:

Garam dapur atau garam Himalayan

Multivitamin dan mineral



Penurunan berat badan (sindrom wajah kurus)

Meskipun ini bukan penampilan terbaik, Anda, seperti saya, cenderung menurunkan berat badan di tempat yang tidak Anda inginkan.

Salah satu tempat pertama saya mulai menurunkan berat badan adalah wajah saya, terutama di sekitar pipi dan mata saya. Meskipun ini mungkin bagus untuk beberapa orang, saya sudah memiliki wajah yang ramping secara alami, membuat saya terlihat seperti Skeletor ketika saya menurunkan berat badan.

Lingkaran hitam di bawah mata Anda pada keto mungkin hanya produk sampingan dari penurunan berat badan, yang mungkin merupakan pertukaran yang berharga bagi Anda atau mungkin juga tidak.

Pada akhirnya, saya pikir kebanyakan orang akan memilih penurunan berat badan daripada lingkaran hitam, tetapi tidak semua orang.

SOLUSI

Berhenti menurunkan berat badan, atau terima lingkaran hitam itu sebagai sesuatu yang baik.



Alergi atau sensitivitas makanan

Ada kemungkinan besar Anda alergi terhadap sesuatu yang Anda makan, dan jika tidak, sesuatu yang lain di lingkungan Anda (bahan kimia pembersih, hewan peliharaan, dll.).

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan Anda terhadap sesuatu yang mungkin tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

Mereka yang alergi biasanya menderita berbagai zat, yang meliputi:

  • Debu
  • Serbuk sari
  • Cetakan
  • Pengobatan
  • Makanan tertentu
  • Bulu hewan peliharaan
  • Serangga (gigitan dan sengatan)

Alergi dapat menyebabkan timbulnya berbagai gejala, salah satunya lingkaran hitam atau mata bengkak. Yang paling parah, seseorang mungkin menderita anafilaksis, reaksi parah yang berpotensi fatal jika tidak segera ditangani.



Sinus Tersumbat

Sedikit terkait dengan hal di atas, penyumbatan sinus mungkin menjadi penyebab lingkaran hitam Anda.

Sinus terletak tepat di bawah mata, dan bila meradang atau terinfeksi, hal itu dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata. Ada kemungkinan besar Anda juga merasakan peningkatan tekanan di sekitar area yang sama.

Sinusitis dapat menyebabkan apa yang disebut sebagai "alergi shiners", penyumbatan di sinus Anda menyebabkan penyumbatan di dalam dan sekitar pembuluh darah kecil di bawah mata Anda. Darah dan cairan bisa menggenang di bawah mata Anda, menciptakan tampilan lingkaran hitam dan / atau bengkak.

Semua jenis alergi dapat menyebabkan kilau alergi, mirip dengan daftar di bagian atas.


SOLUSI

Ada banyak sekali solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi alergi dan penyumbatan sinus, yang meliputi:

  • Antihistamin
  • Dekongestan
  • Semprotan Hidung
  • Pembilas Hidung (Neti pot)
  • Tetes Mata Anti Inflamasi
  • Pijat mata
  • Kantong teh
  • Diet eliminasi makanan



Genetik

Lihatlah ayah dan ibumu, apakah mereka memiliki kantong di bawah mata mereka? Mungkin saja ada kemungkinan lingkaran hitam, mata bengkak, atau bengkak disebabkan oleh faktor genetik dan bukan diet ketogenik Anda.

Anda mungkin memiliki tas yang tidak dipamerkan sebelum menurunkan berat badan, tetapi karena alasan tertentu, pigmen berlebih di kulit Anda, yang bersifat genetik, mungkin semakin menonjolkan tas tersebut.

Lingkaran hitam ini mungkin yang disebut hiperpigmentasi periorbital (PH).

Hiperpigmentasi peribital (coba katakan tiga kali lebih cepat) adalah ketika pigmen di bawah area mata menjadi gelap. PH lebih sering terjadi pada orang yang memiliki warna kulit lebih gelap.

Meskipun sifat ini diturunkan, sifat ini dapat menjadi lebih buruk melalui paparan sinar matahari.


SOLUSI

Selain mengaplikasikan SPF ke wajah Anda setiap hari, Anda mungkin rentan mengalami lingkaran hitam.



Tidur

Apakah Anda cukup tidur?

Ketika Anda tidak cukup tidur di malam hari, pembuluh darah di sekitar mata Anda membesar, sehingga menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Mungkin ada banyak sekali alasan Anda tidak cukup tidur, salah satunya termasuk diet dan penurunan berat badan, yang merupakan stres itu sendiri.

Jika tidak satu pun dari alasan di atas yang tampak seperti kemungkinan penyebabnya, Anda mungkin perlu lebih menutup mata.


SOLUSI

Tidur lebih banyak!

  • Buat rutinitas malam hari
  • Singkirkan perangkat elektronik satu jam sebelum tidur
  • Batasi kafein ~ 8 jam sebelum tidur
  • Hilangkan stres



Terakhir

Jika Anda mengalami lingkaran hitam, kantung di bawah mata, atau pembengkakan ekstra saat menjalani diet keto atau puasa intermiten, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral, terutama natrium dan kalium.

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik, menambahkan garam ke makanan, dan termasuk makanan kaya kalium seperti alpukat.

Anda juga dapat mencoba melengkapi dengan suplemen elektrolit keto .

Satu-satunya alasan lain mengapa Anda berpotensi melihat lingkaran hitam di bawah mata Anda yang secara eksplisit disebabkan oleh diet ketogenik mungkin karena alergi makanan atau kekurangan vitamin lainnya.

Untuk menguji alergi makanan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan diet tipe eliminasi, dan untuk kekurangan vitamin, yang terbaik adalah makan berbagai macam makanan utuh dan padat nutrisi.


Sumber: https://www.theartofketo.com/tag/intermittent-fasting-and-puffy-eyes/




Komentar